Landasan Pendidikan
  1. 1.        Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini ini meliputi pengetahuan mengenai hakikat pendidikan, aliran-aliran dalam pendidikan, teori-teori pendidikan, sejarah pendidikan, dan mutu pendidikan nasional. Demi memperkaya wawasan dan pemahaman, pengkajian dalam matakuliah ini akan diperkaya dengan contoh-contoh kasus nyata yang terjadi di masyarakat.

 

  1. 2.        Tujuan Mata Kuliah

Setelah mengikuti matakuliah Landasan Pendidikan, mahasiswa dapat memahami tentang seluk beluk atau konsep dasar tentang pendidikan. Oleh karena itu mata kuliah ini diharapkan bermanfaat bagi mahasiswa dalam membantu memahami konsep-konsep dasar tentang pendidikan tersebut.

 

  1. 3.        Strategi Perkuliahan

Strategi yang diterapkan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah ini adalah; ceramah, pemberian tugas baik secara mandiri maupun secara kelompok, presentasi dan diskusi untuk belajar menganalisis dan memecahkan masalah. Dengan demikian pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah lebih difokuskan pada konstruktivisme dan kontekstual learning

 

  1. 4.        Materi/Bahan Bacaan

1)      Sukardjo, M., Komarudin, Ukim. (2015) Landasan Pendidikan. Konsep dan Aplikasinya. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

2)      Mudyahardjo. R, dkk, (1992) Dasar-Dasar Pendidikan, U.T. Jakarta.

3)      Tim Dosen FIP IKIP Malang. (1987). Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan. Usaha Nasional. Surabaya.

4)      Umar Tirtarahardja  dan La Sulo. (2000). Pengantar Pendidikan. PT. Raneka Cipta. Jakarta.

5)      Kunandar, S.Pd., M.si. (2008). Guru Profesional. Rajawali pers, PT Rajawali Grafindo Persada. Jakarta.

6)      UU N0 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta.

7)      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 14 Tahun 2005 tentang organisasi dan tata kerja Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. Direktorat Jen-dral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

8)      Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

9)      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta. 2006.

 

  1. 5.        Tugas-tugas

1)      Tugas mandiri yakni Analisis  kasus.  Analisis  kasus  yang  dimaksud  adalah  menganalisa  persoalan-persoalan kontemporer yang terkait dengan pendidikan.

2)      Tugas kelompok adalah membuat makalah dengan cara menganalisis dan mengkritisi materi untuk di presentasikan di kelas sesuai topik yang telah ditentukan.

3)      Quis yang diadakan pada minggu ke 5 perkuliahan

4)      Mid semester diadakan pada minggu ke tujuh atau minggu kedelapan

5)      Ujian akhir semester yang akan diadakan pada minggu ke enambelas atau minggu ke tujuh belas

 

  1. 6.      Evaluasi Perkuliahan

 

Pengajar memberikan penilaian berdasarkan kriteria sebagai berikut:

Nilai

Huruf Mutu

≥ 75

A

71-75

B+

66-70

B

61-65

C+

56-60

C

51-55

D

≥ 50

E

 

Pembobotan Nilai akhir menggunakan pembobotan sebagai berikut:

No

Unsur Penilaian

Rincian Bobot

Bobot Nilai

1

UTS

20%

20%

2

UAS

25%

25%

3

Kuis

10%

10%

4

Tugas 1 (Latihan)

15%

35%

Tugas 2 (Analisis Kasus)

15%

Tugas 3  (Kelompok)

5%

5

Performance 

10%

10%

Total

100%

100%

 

 

 

Kriteria acuan penilaian tugas individual dan kelompok :

 

No

Kegiatan

Indikator

UTS

Pola pikir sistematis, ketepatan analisis dan kebenaran jawaban, originalitas

UAS

Pola pikir sistem, ketepatan analisis dan kebenaran jawaban, originalitas

Kuis

Kejujuran dan kebenaran jawaban

Performance

Kemampuan menerapkan etika berkomunikasi, kualitas ide, penguasaan materi, kerjasama dan keaktifan

Tugas Mandiri dan Kelompok

Ketepatan format, ketepatan isi, tata tulis, kemutakhiran isi, sumber pustaka

 

 

 

  1. 7.      Jadwal Kuliah

 

Minggu Ke

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

Indikator

Bahan Kajian

1

Mahasiswa mampu menguraikan hakikat manusia

  • Ketepatan menjelaskan pengertian dan aspek-aspek hakikat manusia
  • Ketepatan menguraikan hubungan manusia dan pendidikan
  • Ketepatan menguraikan pendidikan, martabat dan hak asasi manusia

Konsep Manusia, hak dan kewajibannya dalam pendidikan

 

2

Mahasiswa mampu menguraikan hakikat pendidikan

  • Ketepatan menjelaskan konsep pendidikan
  • Ketepatan menjelaskan konsep mendidik
  • Ketepatan menguraikan filosofi pendidikan nasional
  • Ketepatan menguraikan tujuan pendidikan
  • ketepatan dalam menguraikan tujuan pendidikan nasional

Hakikat Pendidikan

3

Mahasiswa mampu menguraikan Situasi Pendidikan di Indonesia

  • Ketepatan dalam menjelaskan situasi pendidikan di Indonesia
  • Ketepatan menganalisis masalah pendidikan di Indonesia

Pendidikan dan nasionalisme

 

4-7

Mahasiswa mampu menguraikan empat aliran-aliran dalam pendidikan

Aliran-aliran dalam pendidikan

8

             UJIAN TENGAH SEMESTER

Minggu 1-7

9-12

Mahasiswa mampu menguraikan teori-teori pendidikan

  • Ketepatan menjelaskan teori Behaviorisme (9)
  • Ketepatan menjelaskan teori Kognitivisme (10)
  • Ketepatan menjelaskan teori Konstruktivisme (11)
  • Ketepatan menjelaskan teori belajar humanistik (12)

 

Teori-Teori Pendidikan

13

Mahasiswa mampu menguraikan mutu pendidikan di Indonesia

  • Kemampuan menjelaskan tentang mutu pendidikan di Indonesia
  • Ketepatan menguraikan cara mengukur mutu pendidikan di Indonesia

Mutu pendidikan

14-15

Mahasiswa mampu menguraikan sejarah pendidikan di Indonesia

  • Kemampuan menguraikan tokoh-tokoh pendidikan di Indonesia (14)
  • Ketepatan menguraikan periode sejarah pendidikan di Indonesia

1)      Periode Penjajahan Portugis (15)

2)      Periode Penjajahan VOC (15)

3)      Periode Penjajahan Belanda (16)

4)      Periode Penjajahan Jepang (16)

Sejarah Pendidikan di Indonseia

 

16

UJIAN AKHIR SEMESTER

Minggu 1-16