- 1. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini ini meliputi pengetahuan mengenai hakikat pendidikan, aliran-aliran dalam pendidikan, teori-teori pendidikan, sejarah pendidikan, dan mutu pendidikan nasional. Demi memperkaya wawasan dan pemahaman, pengkajian dalam matakuliah ini akan diperkaya dengan contoh-contoh kasus nyata yang terjadi di masyarakat.
- 2. Tujuan Mata Kuliah
Setelah mengikuti matakuliah Landasan Pendidikan, mahasiswa dapat memahami tentang seluk beluk atau konsep dasar tentang pendidikan. Oleh karena itu mata kuliah ini diharapkan bermanfaat bagi mahasiswa dalam membantu memahami konsep-konsep dasar tentang pendidikan tersebut.
- 3. Strategi Perkuliahan
Strategi yang diterapkan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah ini adalah; ceramah, pemberian tugas baik secara mandiri maupun secara kelompok, presentasi dan diskusi untuk belajar menganalisis dan memecahkan masalah. Dengan demikian pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah lebih difokuskan pada konstruktivisme dan kontekstual learning
- 4. Materi/Bahan Bacaan
1) Sukardjo, M., Komarudin, Ukim. (2015) Landasan Pendidikan. Konsep dan Aplikasinya. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
2) Mudyahardjo. R, dkk, (1992) Dasar-Dasar Pendidikan, U.T. Jakarta.
3) Tim Dosen FIP IKIP Malang. (1987). Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan. Usaha Nasional. Surabaya.
4) Umar Tirtarahardja dan La Sulo. (2000). Pengantar Pendidikan. PT. Raneka Cipta. Jakarta.
5) Kunandar, S.Pd., M.si. (2008). Guru Profesional. Rajawali pers, PT Rajawali Grafindo Persada. Jakarta.
6) UU N0 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta.
7) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 14 Tahun 2005 tentang organisasi dan tata kerja Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. Direktorat Jen-dral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
8) Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
9) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta. 2006.
- 5. Tugas-tugas
1) Tugas mandiri yakni Analisis kasus. Analisis kasus yang dimaksud adalah menganalisa persoalan-persoalan kontemporer yang terkait dengan pendidikan.
2) Tugas kelompok adalah membuat makalah dengan cara menganalisis dan mengkritisi materi untuk di presentasikan di kelas sesuai topik yang telah ditentukan.
3) Quis yang diadakan pada minggu ke 5 perkuliahan
4) Mid semester diadakan pada minggu ke tujuh atau minggu kedelapan
5) Ujian akhir semester yang akan diadakan pada minggu ke enambelas atau minggu ke tujuh belas
- 6. Evaluasi Perkuliahan
Pengajar memberikan penilaian berdasarkan kriteria sebagai berikut:
Nilai |
Huruf Mutu |
≥ 75 |
A |
71-75 |
B+ |
66-70 |
B |
61-65 |
C+ |
56-60 |
C |
51-55 |
D |
≥ 50 |
E |
Pembobotan Nilai akhir menggunakan pembobotan sebagai berikut:
No |
Unsur Penilaian |
Rincian Bobot |
Bobot Nilai |
1 |
20% |
20% |
|
2 |
UAS |
25% |
25% |
3 |
Kuis |
10% |
10% |
4 |
Tugas 1 (Latihan) |
15% |
35% |
Tugas 2 (Analisis Kasus) |
15% |
||
Tugas 3 (Kelompok) |
5% |
||
5 |
Performance |
10% |
10% |
Total |
100% |
100% |
Kriteria acuan penilaian tugas individual dan kelompok :
No |
Kegiatan |
Indikator |
Pola pikir sistematis, ketepatan analisis dan kebenaran jawaban, originalitas |
||
UAS |
Pola pikir sistem, ketepatan analisis dan kebenaran jawaban, originalitas |
|
Kuis |
Kejujuran dan kebenaran jawaban |
|
Performance |
Kemampuan menerapkan etika berkomunikasi, kualitas ide, penguasaan materi, kerjasama dan keaktifan |
|
Tugas Mandiri dan Kelompok |
Ketepatan format, ketepatan isi, tata tulis, kemutakhiran isi, sumber pustaka |
- 7. Jadwal Kuliah
Minggu Ke |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Indikator |
Bahan Kajian |
1 |
Mahasiswa mampu menguraikan hakikat manusia |
|
Konsep Manusia, hak dan kewajibannya dalam pendidikan
|
2 |
Mahasiswa mampu menguraikan hakikat pendidikan |
|
Hakikat Pendidikan |
3 |
Mahasiswa mampu menguraikan Situasi Pendidikan di Indonesia |
|
Pendidikan dan nasionalisme
|
4-7 |
Mahasiswa mampu menguraikan empat aliran-aliran dalam pendidikan |
|
Aliran-aliran dalam pendidikan |
8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
Minggu 1-7 |
|
9-12 |
Mahasiswa mampu menguraikan teori-teori pendidikan |
|
Teori-Teori Pendidikan |
13 |
Mahasiswa mampu menguraikan mutu pendidikan di Indonesia |
|
Mutu pendidikan |
14-15 |
Mahasiswa mampu menguraikan sejarah pendidikan di Indonesia |
1) Periode Penjajahan Portugis (15) 2) Periode Penjajahan VOC (15) 3) Periode Penjajahan Belanda (16) 4) Periode Penjajahan Jepang (16) |
Sejarah Pendidikan di Indonseia
|
16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
Minggu 1-16 |
- Teacher: Citra Abriani
- Enrolled students: 3