TENIS LAPANGAN KELAS B#

 1.    Identitas Mata Kuliah :

 Nama Mata Kuliah                        :     Tennis Lapangan

Kode Mata Kuliah / SKS                :     KPS616505/ 2 SKS

Semester                                      :     5 (Lima)

Program Studi / Program              :     Pendidikan Jasmani

Status Mata Kuliah                       :     Pilihan

Prasyarat                                      :     -

Dosen                                           :    1. Drs. Sudirman Husin

                                                                  2. Joan Siswoyo, M. Pd

 

 2.  Tujuan pembelajaran.

Setelah mengikuti perkuliahan ini, secara teori mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang  ; Sejarah  Permainan  Tennis, Jenis-jenis  Grip, Teknik Dasar, Peraturan Permainan, Taktik dan Strategi, Perwasitan dan Scoring Sheet.  Secara praktik, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan melakukan teknik dasar permainan tennis dengan baik, juga mampu memimpin jalannya pertandingan (sebagai wasit).

 

 3.  Deskripsi Isi.

Proses Belajar mengajar Permainan Tennis dilaksanakan secara teori dan praktik.   Bahan ajar meliputi : Sejarah Permainan (di Dunia dan Indonesia), Jenis-jenis Grip (Eastern Grip, Western Grip, Continental Grip, dan Two Handed Grip),  Teknik  Dasar  (Ground  stroke,  Volley  stroke,  dan  Overhead  stroke), Smash, Service (Flat Serve, Topspin Serve, Slice Serve, dan American Twist Serve), Pukulan Variasi (lob, slice, spin, dan drop shoot),  Peraturan Permainan, Taktik dan Strategi (pertahanan dan penyerangan), Perwasitan dan Cara Pengisian Scoring Sheet.

 Ø  Grip  :  Yaitu  cara  memegang  raket  Tennis  yang  terdiri  dari  ;  Eastern  Grip, Western Grip, Continental Grip, dan Two-handed.

 

Ø  Ground stroke : Yaitu suatu jenis pikulan terhadap bola yang terlebih dahulu menyentuh/memantul di lapangan.   Groundstroke bisa dilakukan dengan forehand (pada saat memukul, telapak tangan yang memegang raket mengarahke sasaran) dan dengan backhand  (pada saat memukul bola, punggung tangan yang memegang raket mengarah ke sasaran).

 

Ø  Volley stroke : Suatu jenis pukulan terhadap bola yang masih melayang atau belum menyentuh lapangan.   Volley bisa dilakukan secara forehand dan backhand.

 

Ø  Overhead stroke : Yaitu jenis pukulan terhadap bola yang melayang,  tinggi di atas ketinggian kepala pemain + smash (jika dilakukan dengan keras)

 

Ø  Service : Yaitu pukulan bola pertama untuk memulai permainan, bisa dilakukan dari bawah (underhand serve) dan dari atas (overhead serve).   Dalam perkuliahan ini mahasiswa   diajarkan service dari atas karena filosofi bermain tennis sekarang, service bukanlah sebagai penyajian bola pertama untuk memulai permainan melainkan serangan pertama, sehingga service dari atas akan lebih menguntungkan..

 

  • Teacher: Joan Siswoyo
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet