Bahasa Inggris Profesi (Kelas A)

Deskripsi Matakuliah

Kemampuan dan keterampilan ber-bahasa Inggris merupakan salah satu kompetensi yang penting dikuasai untuk mampu bersaing di era globalisasi. Mata kuliah Bahasa Inggris Profesi menyajikan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan kompetensi reading dan writing konten informasi dari literatur ber-bahasa Inggris, serta speaking dan listening dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling. Sehingga guru BK memiliki fungsi kognitif yang  lebih berkembang dan wawasan yang lebih luas karena mampu menerima dan memproses informasi dari berbagai literatur tanpa kendala bahasa.

Guru BK dapat merancang berbagai program layanan Bimbingan dan Konseling dengan lebih berkualitas dan inovatif. Dirinya juga memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan di sekolah maupun instansi asing dan multinasional. Hal ini dapat membantunya dalam meraih jenjang karir yang lebih baik, serta membuka kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik didalam maupun diluar negeri. Bentuk pembelajaran berupa kuliah, studi literatur, diskusi dan praktik dalam bentuk tugas latihan, unjuk kerja, dan pembuatan proyek yang disesuaikan dengan materi. Strategi ini menuntut mahasiswa bertanggungjawab dan berperan aktif dalam proses pembelajaran secara mandiri. Dengan demikian setiap sesi pertemuan akan berlangsung secara dinamis dan partisipatif. 

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Pengetahuan

  1. Menguasai kerangka teori dan praktik konseling untuk menyusun, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan layanan konseling yang efektif.
  2. Menguasai kerangka teori dan praktik bimbingan untuk menyusun, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan layanan bimbingan dan konseling  kelompok  yang efektif

Keterampilan Umum

  1. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

Keterampilan Khusus

Mampu melaksanakan layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual, dan dukungan sistem secara klasikal, kelompok, dan individual dengan menggunakan metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya, dalam jenis, jalur dan jenjang satuan pendidikan.

Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK)

1.      Mengaplikasikan berbagai teknik untuk membaca dan memahami literatur ilmiah ber-bahasa Inggris.

2.      Mengaplikasikan kemampuan menulis menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai bentuk tulisan untuk menunjang karir profesionalnya.

3.      Merancang dan mendemonstrasikan layanan bimbingan menggunakan bahasa Inggris.

Merancang dan mendemonstrasikan layanan konseling menggunakan bahasa Inggris.

Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK)

  • Teacher: Tika Febriyani
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet