Dalam perkuliahan ini dibahas: konsep, tujuan, fungsi dan prinsip asesmen, hubungan asesmen dengan perencanaan dan proses pembelajaran, ranah asesmen (kognitif, afektif, dan psikomotor), bentuk-bentuk asesmen: tes dan non tes (lisan, tertulis, tindakan, observasi, wawancara, dan, kuesioner); penilaian portofolio; langkah-langkah penilaian; pengolahan dan interpretasi data penilaian. Mengolah hasil pengukuran menjadi nilai dan menentukan kedudukan peserta didik dalam kelompok.Melakukan validasi instrumen tes agar memenuhi persyaratan, baik dilihat dari tingkat kesulitan, daya beda, efektivitas pengecoh, ketepatan (validitas), dan konsistensi (reliabilitas) suatu tes. Maupun validitas dan reliabilitas instrumen non tes. Menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM) berdasarkan unsur kompleksitas, daya dukung, dan intake.
.....
- Teacher: Edy Purnomo
- Enrolled students: No students enrolled in this course yet