Hukum Ekonomi dan Bisnis (Kelas Yennie Agustin M.R., S.H., M.H.)

KONTRAK PERKULIAHAN 

Perkembangan kegiatan ekonomi dan bisnis suatu bangsa menjadi cerminan kemajuan yang telah dicapai oleh suatu negara. Kemajuan kegiatan ekonomi yang pesat melahirkan banyak bidang usaha yang saling terkait dan bersaing secara sehat (kompetitif). Dengan demikian hukum sebagai alat ukur untuk menciptakan keteraturan dan ketertiban dalam usaha sangat penting dikembangkan sejalan dengan perkembangan kegiatan ekonomi tersebut. Untuk itu, keberadaan mata kuliah dasar ini menjadi hal yang sangat pokok guna mempersiapkan mahasiswa yang mampu memberi dasar dan asas yang dapat digunakan demi menciptakan kepastian berusaha bagi para pelaku usaha dan kepastian hukum dalam penyelesaian perselisihan atau permasalahan di bidang ekonomi dan bisnis.

Hukum Ekonomi dan Bisnis merupakan matakuliah wajib fakultas yang berstatus sebagai matakuliah utama (major) yang menjadi prasyarat pengkajian mata kuliah hukum ekonomi lainnya. Oleh karena itu, semua mahasiswa Program Sarjana (S1) Fakultas Hukum Unila wajib mengikuti matakuliah Hukum Ekonomi dan Bisnis agar kelak mereka dapat memahami secara komprehensif lingkup materi matakuliah tersebut.  Mata kuliah ini dapat ditempuh dengan berprasyarat telah mengambil mata kuliah Hukum Perdata.

Mata kuliah Hukum Ekonomi dan Bisnis dioperasionalkan pada semester ganjil yang baru berlaku pada mahasiswa angkatan 2012.  Mata kuliah ini sebelumnya dengan nama  Hukum Dagang/Perusahaan kemudian berganti nama baru menjadi Hukum Ekonomi dan Bisnis dengan Kopel HKK 616203 dengan sks menjadi 4 (empat) sks yang dioperasionalkan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) minggu.