Kurikulum Dalam Penjas/C/Ganjil/2024-2025

Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis dan praktis baik yang berkaitan dengan kurikulum secara umum maupun dalam konteks pendidikan jasmani. Selain itu mata kuliah membahas pula tentang konsep pembelajaran penjas yang berfungsi membekali mahasiswa calon tenaga kependidikan dalam bidang pendidikan jasmani dengan wawasan dan pemahaman yang diharapkan dapat membekali mereka untuk menjadi guru penjas yang profesional. Materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar kurikulum, landasan, prinsip, model kurikulum penjas, inovasi kurikulum, evaluasi kurikulum, konsep dan model pembelajaran penjas, serta evaluasi dalam pembelajaran penjas. Metode yang digunakan dalam perkuliahan yaitu metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Tahap evaluasi yang digunakan untuk mengetahui sejauhmana pemahaman dan penguasaan materi perkuliahan mahasiswa dilakukan dengan pemberian tugas, pembuatan makalah, UTS dan UAS. Buku sumber yang digunakan diantaranya; Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). Kurikulum dan Pembelajaran. Jewwet, A., Bain, L., Ennis C.D. (1985) The Curriculum Process in Physucal Education. Second Edition. Brown & Benchmark. Haag, H. (1994), Sport Science Studies, International Council of Sport Science and Physical Education, 1st Ed., Federal Republic of Germany, Sukmadinata, NS. (1998). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Yuliawati, E, (2004) Kurikulum dan Pembelajaran. Filososfi, Teori, dan Aplikasi. Bandung. Pakar Raya Prakarya Pustaka, Siedentop, D (1991). Developing Teaching Skills in Physical Education, Hamalik, O. (1993). Evaluasi Kurikulum. P.T. Remaja Rosdakarya Bandung. Skillback, M (ed). (1984). Evaluating The Curriculum In The Eighties. London : Houder and Stoughton.