RISET PEMASARAN PRODI MM

Mata Kuliah Riset Pemasaran merupakan mata kuliah wajib konsentrasi bagi mahasiswa Program Studi MM yang berminat di bidang  Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini membahas konsep, metode dan teknik-teknik dalam melaksanakan riset pemasaran. Alat analisis juga menjadi pokok bahasan dalam riset pemasaran dengan berbagai aplikasi statistik yang memanfaatkan program komputerisasi. Beberapa alat analisis statistik yang digunakan dalam riset pemasaran yaitu analisis korelasi dan regresi; analisis varian dan kovarian, analisis diskriminan, analisis faktor, analisis kluster, multidimensional scaling, dan analisis conjoin. T

Tahap awal, sebelum memahami berbagai alat statistik untuk analisis data infromasi, mahasiswa mampu memahami proses pelaksanaan riset pemasaran, yang dimulai dengan tahap identifikasi isu dan masalah terkait dengan bidang riset, dilanjutkan dengan pemahaman pendekatan perumusan masalah. Kemudian mahasiswa harus mampu mengidentifikasi dan menjelaskan jenis desian riset yang berisikan ruang lingkup pendekatan riset berupa riset kualitatif dan kuantitatif. Tahap berikutnya mahasiswa mampu menyiapkan  proses pengumpulan data yang dimulia dari penyiapan penentuan jumlah sampel, mendesain teknik penyampelan, dan pengukuran variabel yagn akan digunakan serta menentukan alat analisis data setelah data diperoleh. Langkah selanjutnya mahasiswa mampu menganalisis data dengan berbagai alat statistik yang tepat sesuai tujuan dan masalah riset. Hasil analisis data berdasarkan alat analisis statistik diulas dan dibahas, dan dibuat simpulan serta saran, dan kemudian berakhir dengan penulisan laporan riset. Laporan riset diharapkan dapat bermanfaat bagi penagmbilan keputusan untuk manajemen praktikal bisnis, bagi pemerintah, dan bagi pengembangan konsep teori, serta berkontribusi bagi pengembangan metodologi