HI: Ekonomi dan Industri Kreatif

Mata kuliah Ekonomi dan Industri Kreatif pada Jurusan Hubungan Internasional Universitas Lampung adalah mata kuliah pilihan pada Konsentrasi Ekonomi Politik Global yang berlangsung selama 16 (enam belas) minggu pertemuan. Mata kuliah Ekonomi dan Industri Kreatif akan membekali mahasiswa untuk memahami pemikiran dasar (teori, konsep, pendekatan), perkembangan dan permasalahan di tingkat global dan nasional mengenai ekonomi dan industri kreatif, serta melatih mahasiswa untuk dapat membangun kerangka berfikir guna merumuskan solusi atau rekomendasi atas permasalahan tersebut.

Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif pada dasarnya adalah dua konsep yang berbeda. United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) memaknai Ekonomi Kreatif dalam 3 aspek. Pertama sebagai aktivitas ekonomi yang didasarkan pada pengetahuan dengan dimensi yang bersinggungan dan berhubungan dengan keseluruhan ekonomi pada level makro dan mikro. Kedua yaitu sebagai opsi pembangunan yang didasari inovasi dengan melibatkan kebijakan antar bidang (multidisplin). Ketiga sebagai sistem perekonomian berbasis industri kreatif. Sedangkan Industri kreatif sendiri merupakan suatu rantai kreasi, produksi, dan distribusi barang dan jasa yang menggunakan kreatifitas dan intelektual sebagai input primernya. Kedua hal tersebut yang menjadikan Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif berbeda dari sistem perekonomian dan industri lainnya.