GANJIL23/24_PSIKOLOGI PERPUSTAKAAN_D3 PERPUS

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Pagi

Semoga semuanya sehat ya.

Kita bertemu lagi dalam mata kuliah Psikologi Perpustakaan di semester ini.

Pada mata kuliah ini kita akan membahas tentang pengetahuan tingkah laku manusia khususnya proses interaksi kerja di pusat pelayanan jasa  perpustakaan. Adapun kajiannya adalah mulai dari pengertian psikologi pemustaka, mengenal tipe atau karakteristik pemustaka dan cara menghadapi, membangun komunikasi efektif sesuai dengan karakter pemustaka, dan praktek pelayanan yang sesuai dengan karakteristik pemustaka.  Selain itu, penerapan psikologi dalam perpustakaan yang berkaitan dengan atasan, bawahan, rekan kerja, rekan seprofesi, dan lain-lain..

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman aspek psikologis pemustaka (cognition, affection, behavior), memiliki kemampuan mengaplikasikan pemahaman psikologis pemustaka dalam rangka melaksanakan tugas tugas kepustakawanan secara produktif, inovatif, kooperatif, dan kompetitif.
Mahasiswa juga memiliki sikap kerja yang professional dalam pelayanan pemustaka sesuai dengan standar kerja nasional
dan kode etik dibidang kepustakawanan (librarianship).

Dosen pengampu mata kuliah ini ada 3 orang:

1. Andi Windah, S.I.Kom.,MComn&MediaSt (PJ mata kuliah)

2. Nanda Utarida, S.Sos., M.Si

3. Arnila Purnamayanti, S.Sos., M.A.

Pada pertemuan 1-6 Anda akan bertemu dengan saya, pertemuan 7- 11 termasuk UTS dengan Ibu Nanda, dan pada pertemuan 12-16 akan dilanjutkan oleh Ibu Arnila hingga UAS.

SIlakan Anda pelajari materi yang kami lampirkan pada tiap pertemuan, dan jika ada pertanyaan dapat kita diskusikan dalam forum kelas.

Selamat belajar!