Statistika Ekonomi 1_Manajemen Genap 2019/2020

DESKRIPSI

Statistika Ekonomi 1  (FEB – 612108, FEB – 612108) merupakan bagian dari mata kuliah alat analisis   dan mata kuliah dasar untuk mengikuti mata kuliah ekonometrika. Statistika Ekonomi 1 merupakan mata kuliah wajib  diikuti oleh mahasiswa fakultas ekonomi semester  dua atau mahasiswa lainnya pada semester genap.

 

Statistika adalah salah satu alat untuk menggambarkan suatu keadaan termasuk keadaan ekonomi. Sebagai salah satu alat analisis ekonomi, statistika mempunyai abstaksi yang tinggi sehingga penggunaannya dalam ilmu ekonomi akan sangat membantu ketajaman analisis dan daya generalisasi. Penguasaan matematika dengan baik akan mempermudah dalam melakukan analisis ekonomi.

 

Penyajian materi mata kuliah ini diselenggarakan selama satu semester yaitu pada semester genap dengan bobot 3 ( 2-1 ) sks. Sesuai dengan bobotnya mata kuliah ini, maka perkuliahan dilaksanakan dengan metode tatap muka (ceramah), diskusi kelas,  dan latihan menjawab soal-soal sebelum berakhirnya pertemuan (tatap muka). Frekuensi tatap muka selama satu semester sejumlah 16 kali tatap muka termasuk untuk ujian kuis, ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).

 

Di dalam kelas, mahasiswa diharapkan : (1) berperan aktif mengikuti penyajian materi dan latihan soal-soal latihan di dalam kelas , dan (2) aktif mengerjakan tugas mandiri atau kelompok (soal-soal latihan) sebagai salah satu  bahan penilaian prestasi akademik mahasiswa untuk mata kuliah Statistika Ekonomi 1.. Komponen  penilaian prestasi akademik tersebut dinilai dari: hasil ujian kuis dan atau tugas-tugas, UTS, UAS, serta unsur lainnya yang terkait dengan keaktifan dan kedisiplinan untuk menentukan nilai akhir mahasiswa.