BIT620102 - Ketrampilan Kerja Laboratorium (BIT-A)

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

SIKAP

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; danmenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KETRAMPILAN UMUM

  1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  2. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

KETRAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu memilih instrumen dan bahan yang tepat untuk menguji dan/atau menjawab pertanyaan riset dalam bidang biologi, baik dalam skala laboratorium maupun lapangan.
  2. Mampu menerapkan prinsip-prinsip keselamatan kerja dalam riset kebiologian baik di laboratorium maupun di lapangan. 
  3. Mampu mengkompilasi, mengorganisasi, mengolah, dan menganalisis, data riset menggunakan aplikasi teknologi informasi serta menyajikannya secara oral maupun tertulis di hadapan khalayak yang beragam latar belakang.

PENGETAHUAN

  1. Mampu menerapkan pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan keragaman hayati dan responsnya terhadap lingkungan.
  2. Menguasai  prinsip-prinsip etik dan keselamatan dalam penggunaan hasil-hasil riset kebiologian.
  3. Menguasai prinsip dasar aplikasi perangkat lunak, instrument dasar, metode standar untuk analisis, sintesis, dan penyajian data/informasi pada bidang biologi yang umum dan spesifik.