Taksonomi Hewan B

Membahas: prinsip-prisip dasar identifikasi, klasifikasi, penamaan, karakteristik dan keragaman takson Invertebrata dan Vertebrata;pengaitan klassifikasi dengan pohon kehidupannya (filogeni) yang didasarkan pada hasil analisis kladistik, serta mengetahui kedudukan masing-masing takson dalam ekosistem dan manfaat hewan-hewan tersebut bagi kehidupan manusia dan IPTEKS.

Membahas: prinsip-prisip dasar identifikasi, klasifikasi, penamaan, karakteristik dan keragaman takson Invertebrata dan Vertebrata;pengaitan klassifikasi dengan pohon kehidupannya (filogeni) yang didasarkan pada hasil analisis kladistik, sertamengetahuikedudukanmasing-masingtaksondalamekosistemdanmanfaathewan-hewantersebutbagikehidupanmanusiadan IPTEKS.

Rumusan Sikap:

1.1.1       Memahami hakikat kewajiban manusia sebagai hamba Tuhan dan makhluk sosial sesuai ajaran agama yang dianut

1.1.2       Mampu bersikap dan bertindak benar dalam menjalani peran sebagai pembelajar dan  pekerjaan dalam bidang kebiologian.

1.1.3       Memiliki gagasan dan prakarsa dalam pembangunan bangsa sesuai pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki berdasarkan ideologi dan cita-cita bangsa.

1.1.4       Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar berdasarkan pemahaman dan kesadaran yang tinggi akan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan identitas nasional Indonesia.

1.1.5       Memahami hakekat wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi nasional, serta system pertahanan keamanan negara, hak dan kewajiban warga negara sesuai dasar negara dan konstitusi.

1.1.6       Memahami, menghargai, dan mempraktikkan prinsip-prinsip etik hubungan manusia antar bangsa (etika global).

1.1.7       Menunjukkan perilaku rela berkorban baik pikiran, waktu, tenaga, atau harta terhadap penderiataan sesama manusia dan kerusakan lingkungan.

1.1.8       Menunjukkan perilaku patuh pada undang-undang, peraturan, kesepakatan bersama yang berlaku di lingkungan masing-masing

1.1.9       Menunjukkan sikap dan perilaku jujur dalam belajar dan berkarya, pantang mencontek dan anti plagiasi

1.1.10   Mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan sesuai dalam batas waktu dan mutu yang ditetapkan atau disepakati.

1.1.11       Memahami konsep bisnis, produksi, pemasaran, serta langkah-langkah pengembangan usaha mandiri menggunakan pengetahuan dan ketrampilan biologi.

 

Rumusan Pengetahuan:

2.1.2. Memahami prinsip-prinsip dasar identifikasi, klasifikasi, penamaan, dan hubungan filogentik hewan

2.1.17. Memahami konsep aplikasibiosistematikadanteknologi yang relevandalampengelolaaansumberdaya hewan invertebrata

2.1.18. Memahami konsep aplikasibiosistematikadanteknologi yang relevandalampengelolaaansumberdaya hewan vertebrata

2.1.22. Memahami konsep-konsep aplikasi struktur dan perkembangan serta teknologi yang relevandalampengelolaaansumberdaya hewan

2.1.29. Menggunakan  teknik koleksi, identifikasi, klasifikasi dan penanganan spesimen biologi dengan perangkat lunak dan instrumen dasar untuk kajian khusus

2.1.32. Menggunakan teknik dan intrumen dasar untuk karakterisasidananalisisbiomolekul, isolasiseldan DNA, serta kultivasi sel

 

Rumusan Keterampilan Kerja

3.4.1. Menyusunkaryatulisilmiahdalambentuklaporanpenelitian, artikel, atauskripsisecaratertulis di ataskertasataulaman website tertentu

3.6.1. Mampuberkomunikasilisanmaupuntertulismelaluiberagam media menggunakanbahasainternasional.

Mempraktikkanpengetahuandanketrampilankebiologiandalamlapangankerja/institusi yang terkaitdenganpengkajiandanpengelolaansumberdayaalamhayatidanlingkungan