Sketsa Arsitektur Lanskap Sem Ganjil 2022/2023

 




INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA

JURUSAN TEKNOLOGI INFRASTRUKTUR DAN KEWILAYAHAN

PROGRAM STUDI ARSITEKTUR LANSKAP

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH

KODE MK

Rumpun MK

Bobot (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Sketsa Arsitektur Lanskap

AL1211

Mata Kuliah Wajib

2

2

21 Juni 2022

OTORISASI

Dosen Pengembang RPS

Koordinator RMK

Ka PRODI


GKMP

Septi Maulidyah, S.T, M.T.

Indah Prastiwi, S.P., M.Si.

Dr. Ir. Bambang Sulistiyantara, M.Agr.

Capaian Pembelajaran (CP)/ Learning Outcomes (LO)\

CPL-PRODI

(Capaian Pembelajaran Lulusan- Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah 

SIKAP (S)

S1

Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious 

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

PENGETAHUAN (P)

P2

Mampu mengemukakan teori dan metode dalam perancangan, penelitian, dan penelitian bidang lanskap

P4

Mampu mengintegrasikan keilmuan: (a) Biologi, hidrologi, dan geologi; (b) ekologi, sejarah, dan seni (c) klimatologi (d) pengelolaan dan pemeliharaan lanskap (e) Sosial, ekonomi, dan budaya;(f) pembangunan berkelanjutan; (g) manajemen proyek lanskap; (h) perkembangan teknologi informasi dan komunikasi 

KETERAMPILAN UMUM (KU)

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

KK7

Mampu mengomunikasikan dan memberikan solusi dari permasalahan publik dari hasil pemikiran dan rancangan dalam bentuk grafis, tulisan, dan model dengan menggunakan teknik manual dan digital

CP-MK

 (Capaian Pembelajaran-Mata Kuliah)

CP-MK 1

Mahasiswa mampu memahami teori dan metode sketsa untuk perencanaan dan perancangan lanskap secara bermoral, bertanggung jawab, dan mandiri dengan mengintegrasikan ilmu seni dalam teknik presentasi gambar

CP-MK 2

Mahasiswa dapat menerapkan dan mengaplikasikan pembelajaran sketsa dalam mengolah data dan mendokumentasikan secara mandiri, bermutu, dan menghindari plagiarisme

Deskripsi Singkat MK

Sketsa Arsitektur Lanskap merupakan MK yann bertujuan meningkatkan hard skill komunikasi grafis dalam presentasi gambar proyeksi, sketsa isometri dan aksonometri, sketsa perspektif dengan teknik hitam putih maupun warna yang didukung dengan pemahaman teori dan prinsip dasar sketsa 

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

  1. Pengenalan Prinsip Dasar Sketsa Teknik Hitam-Putih

  2. Gambar Proyeksi teknik Hitam-Putih

  3. Isometri dan Aksonometri teknik Htam-Putih

  4. Perspektif Satu Titik Hilang teknik Hitam-Putih

  5. Perspektif Dua Titik Hilang teknik Hitam-Putih

  6. Pengenalan Prinsip Dasar Sketsa Teknik Warna

  7. Gambar Proyeksi teknik Warna

  8. Isometri dan Aksonometri teknik Warna

  9. Perspektif Satu Titik Hilang teknik Warna

10)Perspektif Dua Titik Hilang teknik Warna


Pustaka

[1] Reid, Grant W. ASLA. 1996. Grafik Lansekap. ERLANGGA. Jakarta.

[2] Doyle, Michael E. 2003. Teknik Pembuatan Gambar Berwarna (Edisi Kedua). ERLANGGA. Jakarta

Media Pembelajaran

Papan Tulis, LCD proyektor, komputer, tablet.

Team Teaching

Septi Maulidyah, S.T., M.T.

Matakuliah Syarat

Mata Kuliah TPB dan Mata Kuliah Wajib Prodi




Mg Ke-

Sub-CPMK

(Kemampuan Akhir yang Diharapkan)

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

Bentuk dan Metode Pembelajaran

(Media &

Sumber Belajar)

Estimasi Waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

Penilaian

Kriteria & Bentuk

Indikator

Bobot (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(5)

(7)

(8)

(9)

I

Mahasiswa memahami teori dan prinsip dasar gambar proyeksi dan sketsa dengan teknik hitam-putih dan warna (P1)(CP-MK-1)





Pengenalan Prinsip Dasar Gambar Proyeksi dan Sketsa, Pre-Test (Perspektif Suasana Teknik Hitam-Putih)

Bentuk :
Kuliah dan Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 1 x 50'


P: 1 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur yang dikumpulkan dalam log book (Individu)

Mahasiswa memahami prinsip dasar gambar proyeksi teknik hitam putih yang dapat diaplikasikan dalam praktikum 

2,5

II

Mahasiswa dapat membuat gambar proyeksi teknik warna(P2) (CP-MK 1)


Siteplan, Tampak, Potongan, Aksonometri/ Isometri

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu)

Mahasiswa dapat menggambar site plan, tampak, potongan, dan aksonometr/isometri teknik warna

7,5

III

Mahasiswa dapat membuat sketsa perspektif satu titik hilang dengan teknik hitam-putih dari objek yang sudah ada(P3) (CP-MK-1)

Sketsa perspektif Satu Titik Hilang dengan Teknik Hitam-Putih

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu), live-sketching

Mahasiswa dapat menggambar sketsa perspektif satu titik hilang dengan teknik hitam-putih melalui objek yang sudah ada 

7,5

IV

Mahasiswa dapat membuat sketsa perspektif satu titik hilang dengan teknik warna dari objek yang sudah ada(P3) (CP-MK-1)

Sketsa perspektif Satu Titik Hilang dengan Teknik Warna

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu)

Mahasiswa dapat menggambar sketsa perspektif satu titik hilang dengan teknik warna melalui objek yang sudah ada 

7,5

V

Mahasiswa dapat membuat sketsa perspektif dua titik hilang dengan teknik hitam-putih dari objek yang sudah ada (P3) (CP-MK-1)

Sketsa perspektif  Dua Titik Hilang dengan Teknik Hitam-Putih

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu)

Mahasiswa dapat menggambar sketsa perspektif dua titik hilang dengan teknik hitam-putih untuk pengaplikasian desain

7,5


VI

Mahasiswa dapat membuat sketsa perspektif dua titik hilang dengan teknik warna dari objek yang sudah ada (P3) (CP-MK-1)

Sketsa perspektif  Dua Titik Hilang dengan Teknik Warna

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu), live-sketching

Mahasiswa dapat menggambar sketsa perspektif dua titik hilang dengan teknik warna dari objek yang sudah ada

7,5

VII

Mahasiswa dapat membuat sketsa perspektif satu titik hilang dengan teknik hitam-putih dari desain yang sudah ditetapkan (P4)(CP-MK-2)

Sketsa perspektif Satu Titik Hilang dengan Teknik Hitam-Putih

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu)

Mahasiswa dapat menggambar sketsa perspektif satu titik hilang dengan teknik hitam-putih untuk pengaplikasian desain

7,5


VIII

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

IX

Mahasiswa dapat membuat sketsa perspektif satu titik hilang dengan teknik warna dari desain yang sudah ditetapkan (P4)(CP-MK-2)

Sketsa perspektif Satu Titik Hilang dengan Teknik Warna

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu)

Mahasiswa dapat menggambar sketsa perspektif satu titik hilang dengan teknik warna untuk pengaplikasian desain

7,5

X

Mahasiswa dapat membuat sketsa perspektif dua titik hilang dengan teknik hitam-putih dari desain yang sudah ditetapkan (P4)(CP-MK-2)

Sketsa perspektif  Dua Titik Hilang dengan Teknik Hitam-Putih

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu)

Mahasiswa dapat menggambar sketsa perspektif dua titik hilang dengan teknik hitam-putih untuk pengaplikasian desain

7,5


XI

Mahasiswa dapat membuat sketsa perspektif dua titik hilang dengan teknik warna dari desain yang sudah ditetapkan (P4)(CP-MK-2)

Sketsa perspektif  Dua Titik Hilang dengan Teknik Warna

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu)

Mahasiswa dapat menggambar sketsa perspektif dua titik hilang dengan teknik warna untuk pengaplikasian desain

7,5

XII

Mahasiswa dapat membuat sketsa perspektif satu titik hilang dengan teknik hitam-putih dari desain mandiri (P5) (CP-MK-2)

Sketsa perspektif  Satu Titik Hilang dengan Teknik Hitam-Putih

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu)

Mahasiswa dapat menggambar sketsa perspektif satu titik hilang dengan teknik hitam-putih untuk pengaplikasian desain mandiri

7,5

XIII

Mahasiswa dapat membuat sketsa perspektif satu titik hilang dengan teknik warna dari desain mandiri (P5) (CP-MK-2)

Sketsa perspektif Satu Titik Hilang dengan Teknik Warna

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu)

Mahasiswa dapat menggambar sketsa perspektif satu titik hilang dengan teknik warna untuk pengaplikasian desain mandiri

7,5

XIV

Mahasiswa dapat membuat sketsa perspektif dua titik hilang dengan teknik hitam-putih dari desain mandiri (P5) (CP-MK-2)

Sketsa perspektif  Dua Titik Hilang dengan Teknik Hitam-Putih

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu)

Mahasiswa dapat menggambar sketsa perspektif dua titik hilang dengan teknik hitam-putih untuk pengaplikasian desain mandiri

7,5

XV

Mahasiswa dapat membuat sketsa perspektif dua titik hilang dengan teknik warna dari desain mandiri (P5) (CP-MK-2)

Sketsa perspektif  Dua Titik Hilang dengan Teknik Warna

Bentuk :
Praktikum

Metode :Discovery Learning


Media : Daring/Luring


Sumber Belajar : PPT/Referensi buku 1, 2


TM : 0 x 50'


P: 2 x 150'

Diskusi, Tanya-jawab, tugas individu

Penilaian tugas terstruktur (Individu)

Mahasiswa dapat menggambar sketsa perspektif dua titik hilang dengan teknik warna untuk pengaplikasian desain mandiri

7,5

XVI

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)


Keterangan :

TM     = Tatap Muka : 2 x 50'
TT     = Tugas Terstruktur : 2 x 60'
BM     = Belajar Mandiri : 2 x 60'
P     = Praktikum : 1 x 150’


Catatan : 

  1. Capaian pembelajaran Lulusan Prodi (CPL-PRODI adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi diri sikap, penguasaan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran

  2. CPL yang dibedakan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang yang terdiri dari aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan.

  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut

  4. Sub-CP Mata Kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran  mata kuliah tersebut

  5. Bahan Kajian materi pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yang dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan

  6. Bentuk dan Metode Pembelajaran (Media & Sumber Belajar) : kuliah responsi, tutorial, seminar atau yang setara, praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan atau bentuk pembelajaran lainya. Metode Pembelajaran contoh :Problem-Based Learning (PBL)

  7. Estimasi waktu yang dibutuhkan dalam SKS kuliah dan pembagianya masing masing (Tatap Muka, Tugas Terstruktur, Belajar Mandiri, Praktikum)

  8. Pengalaman belajar merupakan output yang diperoleh mahasiswa setelah mempelajari perkuliahan dalam pertemuan tersebut

  9. Kriteria dan bentuk penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator indikator yang telah ditetapkan. Kriteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kriteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif

  10. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti

  11. Bobot penilaian adalah prosentase penilaian terhadap setiap capaian Sub-CPMK yang besarnya proporsional dengan tingkat kesulitan pencapaian Sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.