PEKERTI 2022_BLOK MEDICAL BASIC SCIENCE 1 (MBS 1)

Blok Medical Basic Science (MBS) akan  dilaksanakan  pada  tahun  ke-1 semester 1. Waktu pelaksanaan blok ini adalah 5 minggu, yang terdiri atas 4 minggu aktif dan 1 minggu terakhir yang diisi dengan ujian, meliputi ujian praktikum dan ujian akhir blok (UAB).

Blok ini  terdiri  dari  empat  modul.  Modul  pertama  akan  mendiskusikan  tentang sistem saraf dasar dan lanjutan.  Modul  kedua  akan  membahas tentang  sistem muskuloskeletal.  Modul  ketiga  akan  mendiskusikan  tentang  sistem sistem indra khusus. Modul  keempat  akan  membahas tentang  dasar-dasar farmakologi dan farmasi. Beberapa topik akan ditampikan sebagai skenario untuk meningkatkan   pemahaman   dalam   pemecahan   kasus.   Dengan   memahami   blok   ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuannya tentang sistem dan organ pada tubuh manusia, antara lain system saraf dasar dan lanjutan, sistem musculoskeletal, sistem indra dan dasar-dasar farmakologi.

Blok  ini  akan  dipelajari  dengan  menggunakan  strategi  Problem  Based  Learning (PBL)  yang  bertujuan  memenuhi  standar  kompetensi  dokter  Indonesia  dengan  metode diskusi tutorial menggunakan metode seven jump, kuliah, team based learning, praktikum dan belajar mandiri.