LANTAS PEMBAYARAN DALAM DAN LUAR NEGERI 18/19 GENAP

1. Manfaat Mata Kuliah

Agar mahasiswa mampu untuk memahami konsep transaksi perdagangan internasional, konsep berbagai produk jasa perbankan untuk mendukung transaksi perdagangan dalam dan luar negeri, dokumen dan persyaratan alat pembayaran, dan mekanisme sistem pembayaran mulai dari penerbitan dokumen sampai penyelesaian pembayaran.

2. Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata ajar ini bertujuan untuk mengajarkan peranan bank dalam transaksi perdagangan baik dalam dan luar negeri dan berbagai produk jasa perbankan dalam rangka mendukung kebutuhan transaksi perdagangan.

3. Capaian Pembelajaran

Dengan mengikuti kuliah Lalu Lintas Pembayaran Dalam dan Luar Negeri, mahasiswa mampu memahami dan menganalisa konsep transaksi perdagangan internasional. Mampu memahami dan membedakan berbagai produk jasa perbankan untuk mendukung transaksi perdagangan dalam dan luar negeri. Serta mahasiswa mampu memahami dan membuat dokumen dan persyaratan alat pembayaran dan mekanisme sistem pembayaran mulai dari penerbitan dokumen sampai penyelesaian pembayaran.

4. Indikator  Capaian Pembelajaran

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa konsep transaksi perdagangan internasional. Mampu memahami dan membedakan berbagai produk jasa perbankan untuk mendukung transaksi perdagangan dalam dan luar negeri. Serta mahasiswa mampu memahami dan membuat dokumen dan persyaratan alat pembayaran dan mekanisme sistem pembayaran mulai dari penerbitan dokumen sampai penyelesaian pembayaran.

5. Strategi Pembelajaran

Mata kuliah Lalu Lintas Pembayaran Dalam dan Luar Negeri ini menggunakan strategi pembelajaran student centre dengan metode scientific approach berupa diskusi, serta mengamati dan menganalisa transaksi akuntansi dan laporan keuangan.

6. Materi dan Sumber Belajar

7. Tugas

Mahasiswa akan diberikan tugas terstruktur berdasarkan materi perkuliahan pada setiap akhir tatap muka.

8. Kriteria Penilaian

Kriteria penilaian (mengacu ke peraturan akademik):  

A          :  ≥ 76

B+        :  71-75,99

B          :  66-70,99

C+        :  61-65,99

C          :  56-60,99

D          :  51-55,99

E          :  < 51

Pembobotan nilai akhir sebagai berikut:

Jenis

Bobot

Keaktifan

10%

Kuis (termasuk kuis 1 dan 2)

15%

Tugas (termasuk responsi/praktik, partisipasi kelas, dan tugas terstruktur)

20%

Ujian Tengah Semester  

25%

Ujian Akhir Semester  

30%

BOBOT

100%

Kriteria acuan penilaian tugas individual dan kelompok:

Tugas individual         : 20%

Tugas kelompok          : 20%