KAJIAN IPS SD (latihan elearning 2019)

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

 

 

Nama Mata Kuliah

: Kajian IPS SD

 

Kopel/SKS

: KPD617101/ 3

 

Program Studi

: PGSD

 

Semester

: Ganjil 2018/29019

 

 

 

 

 

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dengan lingkup bahasan meliputi:  Pengertian Dan Hakikat IPS Dalam Program Pendidikan 1

Konsep Dasar Antropologi, Sosiologi Dan Psikologi Sosial, Konten IPS, Pengaruh Kebudayaan Luar Terhadap Kebudayaan Indonesia

Perekonomian Indonesia, Lingkungan Fisik Wilayah Dan Hubungannya Dengan Kehidupan Manusia Serta Kemajemukan Ras, Etnik Dan Agama Nusantara Menggunakan Peta, Atlas, Dan Globe Untuk Mendapatkan Data Dan Informasi Spasial (Geospasial), Lingkungan Hidup Dan Keanekaragaman Sumberdaya Alam, Individu Masyarakat dan Negara

 

Capaian Pembelajaran yang Dibebankan pada Mata Kuliah ini:

Mahasiswa mampu memahami dan menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan dari materi Kajian IPS di SD yang mendukung pembelajaran IPS di SD.

 

 

 

Pert. ke-

Kemampuan Akhir yang diharapkan

Bahan Kajian

Pendekatan/ Model/ Metode/ Strategi Pembelajaran

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Kriteria Penilaian

Bobot

Penilaian

(%)

 

1-2

Mahasiswa mampu memahami Pengertian Dan Hakikat IPS

Dalam Program Pendidikan

  1. Pentingnya IPS dalam Program Pendidikan Dan Pengertian IPS
  2. Hakikat Dan Tujuan IPS

Ceramah, tanya jawab, presentasi, diskusi, latihan (Colaborative learnig)

Melakukan presentasi dan mencatat hal-hal yang penting dan Aktif berdiskusi

 

3 x 50 menit

Kriteria Penulisan Makalah

  1. Pendahuluan
  2. Isi
  3. Penutup
  4. Penulisan

 

 

 

3

Mahasiswa mampu memahami Pengertian Dan Hakikat IPS

Dalam Program Pendidikan  dan Ilmu-ilmu Sosial

1.  Ruang Lingkup IPS Sebagai Program Pendidikan

2. Konsep Dasar Geografi Dan Sejarah

Ceramah, tanya jawab, presentasi, diskusi, latihan (Colaborative learnig)

Melakukan presentasi dan mencatat hal-hal yang penting dan Aktif berdiskusi

 

3 x 50 menit

Kriteria Penulisan Makalah

  1. Pendahuluan
  2. Isi
  3. Penutup
  4. Penulisan

 

 

 

4

Mahasiswa mampu memahami

Ilmu-ilmu Sosial

Konsep Dasar Antropologi, Sosiologi Dan Psikologi Sosial

Ceramah, tanya jawab, presentasi, diskusi, latihan (Colaborative learnig)

Melakukan presentasi dan mencatat hal-hal yang penting dan Aktif berdiskusi

 

3 x 50 menit

Kriteria Penulisan Makalah

  1. Pendahuluan
  2. Isi
  3. Penutup
  4. Penulisan

 

 

 

5

Kuis

 

 

 

2 x 50 menit

 

 

 

6

Mahasiswa mampu memahami perekonomian Indonesia dan Kontent IPS

1. Konsep Dasar Ekonomi Dan Koperasi, Serta Politik Dan Pemerintahan

2.  Fakta, Konsep, Generalisasi Dan Teori Dalam IPS

Ceramah, tanya jawab, presentasi, diskusi, latihan (Colaborative learnig)

Melakukan presentasi dan mencatat hal-hal yang penting dan Aktif berdiskusi

 

2 x 50 menit

Kriteria Penulisan Makalah

  1. Pendahuluan
  2. Isi
  3. Penutup
  4. Penulisan

 

 

 

7

Mahasiswa mampu memahami Kontent IPS dan Keterampilan Ilmu Sosial

1. Nilai Dan Sikap Dalam IPS

2. Keterampilan Dalam Ilmu Pengetahuan Sosial

Ceramah, tanya jawab, presentasi, diskusi, latihan (Colaborative learnig)

Melakukan presentasi dan mencatat hal-hal yang penting dan Aktif berdiskusi

 

3 x 50 menit

Kriteria Penulisan Makalah

  1. Pendahuluan
  2. Isi
  3. Penutup
  4. Penulisan

 

 

 

8

UTS

 

 

 

2 x 50 menit

 

 

 

9

Mahasiswa mampu memahami Pengaruh Kebudayaan Luar Terhadap Kebudayaan Indonesia

1. Pengaruh Kebudayaan Luar Terhadap Kebudayaan Indonesia

2. Perjuangan Indonesia Dalam Mencapai dan Mempertahankan Kemerdekaan

Cerama                                                                         h, tanya jawab, presentasi, diskusi, latihan (Colaborative learnig)

Melakukan presentasi dan mencatat hal-hal yang penting dan Aktif berdiskusi

 

3 x 50 menit

Kriteria Penulisan Makalah

  1. Pendahuluan
  2. Isi
  3. Penutup
  4. Penulisan

 

 

 

10

Mahasiswa mampu memahami Perekonimian Indonesia

1. Ekonomi, Koperasi dan Bisnis Di Indonesia

2. Kegiatan Pokok Ekonomi

Ceramah, tanya jawab, presentasi, diskusi, latihan (Colaborative learnig)

Melakukan presentasi dan mencatat hal-hal yang penting dan Aktif berdiskusi

 

3 x 50 menit

Kriteria Penulisan Makalah

  1. Pendahuluan
  2. Isi
  3. Penutup
  4. Penulisan

 

 

 

11

Mahasiswa mampu memahami Lingkungan Fisik Wilayah Nusantara dan Hubungan Dengan Manusia

 

1. Lingkungan Fisik Wilayah Nusantara dan Hubungan Dengan Manusia

2. Kemajemukan RAS, Etnik dan Agama Nusantara

Ceramah, tanya jawab, presentasi, diskusi, latihan (Colaborative learnig)

Melakukan presentasi dan mencatat hal-hal yang penting dan Aktif berdiskusi

 

3 x 50 menit

Kriteria Penulisan Makalah

  1. Pendahuluan
  2. Isi
  3. Penutup
  4. Penulisan

 

 

 

12-13

Mahasiswa mampu memahami Menggunakan Peta Untuk Mendapatkan Data dan Informasi Geospasial dan Keanekaragaman Sumber Daya Alam

1. Menggunakan Peta Untuk Mendapatkan Data dan Informasi Geospasial

2. Menggunakan Atlas dan Globe Untuk Mendapatkan Data dan Informasi Geospasial

3.Lingkungan Hidup

4.Keanekaragaman Sumber Daya Alam

Ceramah, tanya jawab, presentasi, diskusi, latihan (Colaborative learnig)

Melakukan presentasi dan mencatat hal-hal yang penting dan Aktif berdiskusi

 

3 x 50 menit

Kriteria Penulisan Makalah

  1. Pendahuluan
  2. Isi
  3. Penutup
  4. Penulisan

 

 

 

14-15

Mahasiswa mampu memahami Individu dan Masyarakat dan Negara

1. Individu dan Masyarakat

2.. Struktur, Pranata dan Proses Sosial Budaya

3. Masyarakat Sebagai Unsur Pemerintah dan Negara

Ceramah, tanya jawab, presentasi, diskusi, latihan (Colaborative learnig)

Melakukan presentasi dan mencatat hal-hal yang penting dan Aktif berdiskusi

 

3 x 50 menit

Kriteria Penulisan Makalah

  1. Pendahuluan
  2. Isi
  3. Penutup
  4. Penulisan

 

 

 

16

UAS

 

 

 

2 x 50 menit

 

 

 

 

Daftar Referensi

  1. Ahmadi, Iif Khoiru, dkk. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Prestasi Pustaka karya. Jakarta.
  2. Arini Esti Astuti, 2009.  Kajian Ilmu Pengetahuan Sosial. Widya Sari Press. Salatiga.
  3. Numan Sumantri, 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Remaja Rosda Karya. Bandung.
  4. Sapriya, 2014. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Remaja Rosda Karya. Bandung.
  5. Udin. S. Winataputra, dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Universitas Terbuka. Jakarta.
  6. Sardjiyo, dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Supriyatna, Nana. 2015. Bahan Belajar Mandiri Peendidikan IPS di SD. Gaung Persada Press. Jakarta
  8. Udin. S. Winataputra, dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Universitas Terbuka. Jakarta.

 

 

Bandar Lampung,    Agustus 2018

Dosen Penanggung Jawab,

 

 

 

 

Drs. Maman Surahman, M.Pd.

NIP 19590419 198503 1 004

  • Enrolled students: 1