MAP_MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN_GENAP_2021/2022

Mata kuliah Manajemen Pembiayaan Pendidikan merupakan mata kuliah wajib. Setelah selesai mengikuti perkuliahan Manajemen Pembiayaan Pendidikan diharapkan  mahasiswa  memiliki  kemampuan  untuk  mengelola  mengambil keputusan terbaik tentang keuangan dan pembiayaan pedidikan yang dapat meningkatkan kinerja sekolah.

 

Manajemen Pembiayaan Pendidikan akan membahas beberapa materi yang relevan dengan aktivitas pada pembiayaan penyelenggaraan pendidikan, antara lain: konsep dasar manajemen sekolah, strategi manajemen sekolah unggul, faktor-faktor penentu kinerja  sekolah,  konsep  dasar  pembiayaan,  teknik  perhitungan  biaya  pendidikan, rate of return dan penerapannya, karakteristik organisasi nirlaba/organisasi sekolah, pendekatan pembiayaan pendidikan, konsep dasar anggaran sekolah, sumber dan penggunaan anggaran, prosedur perencanaan, pengelolaan, pengawasan anggaran, dasar legal/hukum, produktivitas dan efisiensi sistem kependidikan, isu pembiayaan pendidikan dan aplikasinya, dan perencanaan peningkatan kinerja..

 

Materi bahasan bersumber pada literatur-literatur  tentang Manajemen  Pembiayaan Pendidikan, budgeting, pengendalian biaya, dan kasus-kasus nyata yang diambil dari dokumen-dokumen rencana anggaran penerimaan dan belanja sekolah (RAPBS). Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan  metode kuliah yang didukung dengan media pembelajaran yang tersedia, pemberian tugas, dan presentasi mahasiswa.