HUKUM DAN KRIMINOLOGI

Ass, Wr. Wb....

Tabikpun......!!!

Apa khabar mahasiswa/i peserta perkuliahan kriminologi yang ibu banggakan, semoga kita semua selalu diberkati dengan kesehatan dan kesempatan untuk dapat melaksanakan perkuliahan ini dengan baik.

Mahasiswa/i sekalian mata kuliah kriminologi adalah MK dengan bobot 2 SKS yang pada intinya mempelajari tentang kejahatan dan faktor penyebabnya serta bagaimana upaya penangulangan yang tepat. MK ini adalah mata kuliah wajib yang harus kalian tempuh di Fakulatas Hukum.

Adapun pelaksanaan perkuliahan akan kita lakukan dalam 16 kali pertemuan yang akan diselenggarakan secara online dengan metode syncronus (tatap muka online) dan Asyncronus . adapun strategi pembelajaran akan dilakukan sesuai dengan bobot materi yang akan disampaikan.

Adapun strategi pembelajaran yang akan dilakukan adalah student center learning, oleh sebab itu penilaian akan lebih menkankan pada aktivitas dan porto folio aktivitas mahasiswa melalui case based method dan project besed learning. mahasiswa diharapkan aktiv dan disiplin dlaam mengikuti perkuliahan dan mengerjakan semua aktivitas tugas dan forum diskusi. karena pada setiap tugas yang dikerjakan akan di akumulasikan dalam jumlah penilaian akhir .

Adapun tata tertib perkuliahan dan persentase penilaian dapat dilihat pada kontrak kuliah terlampir, jika ada yang perlu didiskusikan terkait kontrak perkuliahan dapat ditanyakan melalui forum diskusi dan WAG. selanjutnya sistematika perkuliahan telah disusun dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang menggambarkan sistematika dan materi kuliah selama 16 pertemuan, adapun RPS dapat dilihat pada lampiran dibawah ini.

selanjutnya perkuliahan ini akan menggunakan refrensi terkait ilmu kriminologi namun refrensi pokok adalah buku ajar Hukum dan Kriminologi karangan Emilia Susanti, SH.,MH dan Eko Raharjo, SH.,MH. Buku ajar tersebut dapat diperoleh dengan berkoordinasi dengan ketua kelas !

Demikianlah pengantar perkuliahan dari saya semoga kita semua dapat beerjasama dalam melaksanakan perkuliahan ini , tetap semangat semoga allah memberikan kemudahan kepada kita semua amin....!!

Wassalammualaikum, Wr. Wb...!