PS PBP_Compréhension Écrite Élémentaire_Genap_2021/2022

Mata kuliah ini ialah mata kuliah lanjutan dari CE Pré-élémentaire. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini wajib lulus dari mata kuliah CE Pré-élémentaire minimal mendapat nilai D. Setelah mengikuti perkuliahan ini, dapat membaca bahasa Prancis dengan benar dan lancar, serta mampu memahami teks dan dokumen berbahasa Prancis tingkat pemula dalam bentuk artikel, brosur, angket, anekdot, pesan dalam artikel elektronik, majalah elektronik, forum internet, dll dengan benar dalam ranah sosial kehidupan sehari-hari dan kehidupan professional setingkat A1- A2 dalam CECR. Mata kuliah ini terdiri dari 16 kali tatap muka yang terbagi dalam 14 kali perkuliahan dan dua kali tatap muka untuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester.

 Kuliah dilaksanakan menggunakan model belajar membaca nyaring, dan  Team Based-Project, dalam memahami bacaan tertulis yang diberikan dalam proses pembelajaran. Pada kelas membaca tingkat pemula-menengah, mahasiswa diberikan teks-teks sesuai dengan tema dan tingkatan kompetensi membaca yang disesuaikan dengan CECR tingkat A2, dan juga menghasilkan produk berupa video dalam menilai ketepatan membaca sesuai dengan kriteria dalam lembar penilaian produk. Tugas kuliah berupa tugas kelompok dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam teks-teks bahasa Prancis yang diberikan dalam 10 kali tatap muka, sedangkan produk dalam mata kuliah ini berupa video yang berisi tentang membaca teks bahasa Prancis dan penilaian produk ini dilakukan empat kali selama satu semester. Kompetensi yang diharapkan setelah menyelesaikan perkuliahan ini, ialah mahasiswa mampu membaca bahasa Prancis dengan tepat, dan memahami wacana teks bahasa Prancis secara komprehensif dengan pelbagai tema sehari-hari dan lingkungan sekolah, dapat memahami kalimat dan ungkapan terisolasi yang sering digunakan sehubungan dengan peristiwa sehari-hari (misalnya: informasi pribadi dan keluarga yang sederhana, lingkungan yang dekat), serta mampu menemukan informasi spesifik yang dapat diprediksi dalam dokumen tertulis, sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, seperti dalam iklan sederhana, prospektus, email, pesan singkat, dll.

Evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi dalam kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang tertuang dalam penilaian presensi, partisipasi aktif mahasiswa, produk, kuis, tugas-tugas praktikum, dan ujian tengah semester, serta ujian akhir semester.