PERKEMBANGAN MOTORIK Kls B

Matakuliah  ini membahas Perkembangan motorik membahas teori yang meliputi pendahuluan, prinsip-prinsip perkembangan motorik, tahap-tahap laku gerak dan menyadari gerak, tahap-tahap perkembangan motorik, karakteristik perkembangan motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi dan perkembangan susunan saraf. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS teori, mata kuliah ini membahas tentang: 1) Perspektif perkembangan individu yang meliputi prinsip perubahan sepanjang hidup dan periodisasi perkembangan, serta terminologi teori perkembangan, 2) konsep dasar perkembangan motorik, yang meliputi tentang pengertian perkembangan motorik, perbedaan pertumbuhan, perkembangan dan kematangan, prinsip perkembangan motorik, nilai-nilai perkembangan motorik, tujuan dan fungsi perkembangan motorik, perkembangan motorik hubungannya dengan perkembangan kognitif, 3) aspek perkembangan motorik, yang meliputi urutan perkembangan motorik ( perkembangan anatomis, fisiologis dan perilaku gerak) dan sasaran perkembangan motorik (pengayaan gerak dan kesadaran gerak), perspektif perkembangan motorik, pendekatan interdisipliner terhadap perkembangan motorik, merancang penelitian dalam perkembangan motorik, 4) perkembangan motorik hubungannya dengan perkembangan sosial, yang meliputi tentang perkembangan harga diri dan olahraga, pengaruh sosial selama masa perkembangan (masa balita, masa anak-anak, remaja, dan dewasa), 5) perkembangan motorik hubungannya dengan persepsi gerak, yang meliputi tentang: pengertian perkembangan persepsi motorik (pemaknaan lain mengenai persepsi motorik dan proses persepsi motorik), komponen perkembangan persepsi motorik (kesadaran akan keseimbangan, kesadaran mengenai ruang, kesadaran mengenai waktu, kesadaran tubuh dan arah), meneliti efektivitas program persepsi motorik, 6) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik (sebelum lahir dan sesudah lahir), pengaruh rangsangan dan halangan dini terhadap perkembangan motorik (pengaruh rangsangan dini, pengaruh halangan dini, konsep dasar mengenai rangsangan dan halangan), 7) perkembangan gerak refleks, lokomotor, dan manipulatif yang meliputi: tahapan perkembangan gerak refleks, karakteristik perkembangan gerak anak (usia 0-1, usia 1-2, usia 2-3, usia 3-4, usia 4-5), memadukan perilaku dengan motorik, tahapan perkembangan gerak lokomotor (unsur-unsur keterampilan gerak dasar), perkembangan gerak manipulatif (melempar, menangkap, memukul dan menendang), 8) perkembangan motorik kasar dan halus, 9) tahap-tahap perkembangan motorik, yang meliputi: pegembangan keterampilan awal dan pengembangan keterampilan, 10) perkembangan fisik dan motorik, yang meliputi: masa bayi, masa anak kecil, masa anak besar, masa adolesensi, masa dewasa dan orang tua, 11) pekembangan susunan syaraf, dan 12) observasi anak pra sekolah/TK sampai anak sekolah menengah (SMA).

  • Teacher: Joan Siswoyo
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet