PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA_MODEL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA_BHS620218_KELAS A_GENAP_2021/2022

Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Keahlian (MKK) program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Lampung  dan wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa. Mata kuliah ini membahas tentang inovasi pembelajaran dengan kegiatan utama operasionalisasi dan kontekstualisasi model-model pembelajaran mutakhir serta teruji secara saintifik untuk diimplementasikan ke dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada jenjang menengah, yang memiliki orientasi pada pengembangan ilmu, perkembangan teknologi, perkembangan peserta didik serta penguasaan operasional pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dengan mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman yang mendalam berbagai model pembelajaran yang beroorientasi pada paradigma pembelajaran revolusi 4.0 menuju 5.0 dan teori keterampilan dasar mengajar dan mahir mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

 

Perkuliahan dilaksanakan secara kolaboratif, dan reflektif. Materi perkuliahan ini dimaksudkan pula untuk mendukung peningkatan kualitas pengelolaan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia oleh mahasiswa yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta partisipasi warganegara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.