HI-Ekonomi Politik Global

Pasca perang dingin ekonomi negara-negara di dunia begitu cepat berkembang. Hal tersebut berpengaruh pada core kekuatan dunia. Dunia tidak lagi hanya terpusat pada satu kekuatan tunggal, yaitu unipolaritas Amerika Serikat tetapi menjadi multipolar dengan banyak aktor bermunculan sebagai kekuatan ekonomi baru dunia. Karena perkembangan tersebut, kajian ekonomi politik internasional menjadi penting bagi mahasiswa hubungan internasional di seluruh dunia.

Matakuliah ini adalah matakuliah dasar yang bersifat wajib bagi mahasiswa semester 2. Dalam matakuliah ini mahasiswa akan banyak membahas berkaitan dengan ekonomi dalam sudut pandang politik. Cakupan kajiannya adalah negara, individu, multinational corporations, dan organisasi-organisasi dunia sebagai aktor ekonomi politik internasional.

Dalam mata kuliah inil mahasiswa akan diajak mengenali ekonomi kajian politik antar negara, seperti perspektif-perspektif ekonomi yang pernah berkembang, system keuangan, rezim perdagangan, hutang luar negeri, ekonomi politik lingkungan, dan perusahaan multinasional.