Histologi Blok Basic Medical Science

Blok Biomedical Science (BMS) akan dilaksanakan pada semester ke-1, tahun ke-1 dengan beban 6 sks. Blok akan dilaksanakan dalam  waktu 6 minggu, terdiri dari 5 minggu aktif dan 1 minggu ujian. Pada blok ini mahasiswa akan belajar tentang biologi sel secara komprehensif, meliputi siklus sel, materi genetik, fisiologi homeostasis, biomolekul, enzim, pengantar imunologi, dan bioetika.

Blok ini dipelajari dengan menggunakan strategi problem based-learning. Problem Based Learningatau PBL adalah proses pembelajaran yang menggunakan sebuah problem maupun fakta sebagai titik awal untuk memacu mahasiswa untuk mempelajari masalah tersebut berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka miliki sebelumnya (prior knowledge) sehingga dari prior knowledge ini akan terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru. Metode belajar yang digunakan adalah tutorial, kuliah pakar, dan praktikum.

Bidang ilmu yang terkait dalam blok BMS meliputi kimia medik, biologi medik, anatomi, histologi, fisiologi, biokimia, patologi klinik, dan bioetika.

Khusus bidang ilmu Histologi blok BMS, terdapat 4 kali kuliah pakar dan 2 kali praktikum. Materi kulaih pakar meliputi:
1. Pendahuluan Histologi dan Jaringan Epitel (Narasumber : Selvi Rahmawati, S.Si., M.Sc.)

2. Jaringan Ikat dan Adipose (Narasumber : dr. Waluyo Rudiyanto, M.Kes)

3. Darah dan Hematopoiesis (Narasumber : Dr. dr. Susianti, M.Sc.)

4. Histologi Organ Limfoid (Narasumber : Dr. dr. Susianti, M.Sc.)

Materi praktikum meliputi :
1. Jaringan Epitel,  Ikat, dan Adipose

2. Darah dan Organ Limfoid