PS-S1-EP-TEORI EKONOMI MIKRO 2-SMT GANJIL-2021-KELAS B

Mata kuliah Teori Ekonomi Mikro II, EBE 620201,  wajib tempuh bagi mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung yang telah mengikuti dan lulus mata kuliah Teori Ekonomi Mikro I pada Semester II.  Pokok bahasannya masih tetap mencakup cakupan ekonomi mikro tersebut di atas, yakni membahas lima kajian utama teori ekonomi mikro yang mencakup teori permintan dan penawaran,  teori utilitas, preferensi dan perilaku konsumen, teori produksi, teori biaya, teori struktur pasar dan penentuan harga keluaran (output) dan masukan (input), serta teori kesejahteraan. Jika waktu memungkinkan maka  sedapat-dapatnya akan dibahas juga topik risiko dan ketidakpastian, teori sukan, teori informasi nirsimetri (asymmetric information), serta eksternalitas dan barang publik.

 

Setelah mengikuti mata kuliah Teori Ekonomi Mikro II, EBE 620201, mahasiswa diharapkan:

3.1       Mampu mencirikan cakupan ekonomi mikro dan model ekonomi dari ekonomi sederhana.

3.2     Mampu merumuskan model lakuan/struktural (behavioral/sructural model), model matematika/struktural  (mathematical/structural model), mampu menerjemahkan model matematika/struktural ke dalam model stokastik (stochastic model) serta menafsirkan hasil estimasi model ekonomi mikro sederhana itu.

3.3  Mampu memberi batasan dan membedakan kegunaan (utility) dan preferensi (preference) serta menciri determinan permintaan dan penawaran.

3.4  Mampu merumuskan produksi total  dan merumuskan model fungsi produksi sederhana serta membuat spesifikasinya untuk estimasi parameter fungsi produksi menurunkan produksi marjinal, produksi rata-rata dan elastisitas produksi dari berbagai model fungsi produksi.

3.Mampu menciri dualitas fungsi produksi dengan biaya total dan menurunkan fungsi biaya dari fungsi produksi yang memenuhi ketentuan (properties) yang dipersyaratkan.

3.Mampu merumuskan komponen biaya total: biaya tetap total dan biaya variabel total..dan menurunkan biaya total rata-rata, biaya tetap rata-rata, biaya variabel total rata-rata dan elastisitas biaya dari fungsi biaya yang relevan.

3.7   Mampu menciri hakikat (properties) dan determinan struktur pasar:

3.8  Mampu menciri asumsi dan determinan struktur pasar persaingan sempurna.

3.9  Mampu menciri asumsi dan determinan struktur pasar monopoli, monopsoni dan persaingan monopolistik

3.10 Mampu menciri asumsi dan determinan pasar monopoli dan pasar monopsoni.

3.11 Mampu menciri asumsi dan determinan pasar oligopoli, pasar oligopsoni dan model teori sukan dalampenentuan harga pasar oligopoli.

3.12  Mampu menentukan harga faktor produksi tanah, tenaga kerja dan modal.

3.13  Mampu menjelaskan determinan kesejahteraan: pareto efificieny, social justice,

           dan membuktikan keberadaan keseimbangan umum.

3.14 Mampu mendeteksi dan memperkirakan peluang (probability) terjadinya risiko dan ketidakpastian dalam transaksi.

3.15 Mampu membuat model informasi asimmetrik sederhana dalam transaksi dengan informasi yang timpang antar-pelaku ekonomi.

3.16 Mampu mencirikan barang publik dan eksternalitas yang timbul dalam transaksi.