MTP_Kajian Jurnal_Ganjil_2021/2022

Mahasiswa mampu mereviu secara kritis 10 artikel dari minimal 5 jurnal internasional yang berbeda. Hasil reviu dapat dilaporkan dalam bentuk anotasi yang pembahasannya berpusat pada metodologi, keluasan dan kedalaman konten bahasan dengan sistematika sebagai berikut: identitas artikel jurnal, pendahuluan, masalah, landasan teori, metodologi, pembahasan, kesimpulan, serta referensi (dari artikel-artikel yang mendukung reviu). Artikel jurnal yang dipilih hendaknya mengacu kepada rencana topik tesis yang akan dibuat oleh mahasiswa. Toleransi terhadap plagiarisme maksimal 20 %.

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan secara tertulis maupun verbal hasil reviu pada seminar 1 dalam bentuk makalah dengan sistematika sebagai berikut: judul, abstrak, pendahuluan, metodologi, pembahasan, kesimpulan, serta referensi (dari artikel-artikel yang mendukung reviu). Seminar dapat dilakukan di tingkat program studi secara terjadwal, maupun di luar program studi dalam kegiatan-kegiatan seminar atau konferensi di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Toleransi terhadap plagiarisme maksimal 20 %.

Mahasiswa menyusun karya ilmiah yang dibimbing oleh dosen sampai menghasilkan artikel ilmiah yang dilandasi oleh hasil-hasil dari seminar 1 dan 2 atau bagian dari tesis mahasiswa yang dapat dipublikasikan dalam bentuk artikel jurnal, dengan jumlah publikasi karya ilmiah minimal satu karya. Toleransi terhadap plagiarisme maksimal 20 %. Pembobotan nilai untuk karya ilmiah yang dipublikasikan adalah sebagai berikut.

Mahasiswa menyusun proposal tesis yang dibimbing secara intensif oleh dosen pembimbing tesis dengan menggunakan kartu kendali. Mahasiswa diwajibkan untuk menghadiri seminar proposal tesis 10 kali, minimal 2 kali di prodi lain sebagai syarat untuk mengadakan seminar proposal tesis. Acuan penulisan proposal tesis mengikuti buku panduan penulisan karya ilmiah Universitas Lampung dan toleransi terhadap plagiarisme maksimal 20 %.