S1 MANAJEMEN_MANAJEMEN PEMASARAN I_KELAS A_GANJIL 2021/2022

Mata Kuliah Manajemen Pemasaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa di program studi   manajemen strata satu (1) dan khususnya bagi mahasiswa yang berminat untuk mengambil konsentrasi ilmu di bidang  Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini membahas konsep dan teknik-teknik analisis yang digunakan dalam aktivitas pemasaran serta keputusan-keputusan yang berkaitan dengan pemasaran produk atau jasa perusahaan. Beberapa pokok bahasan yang perlu diketahui dan difahami oleh setiap mahasiswa pada mata kuliah ini yaitu pengertian dan ruang lingkup kegiatan manajemen pemasaran; mengenal dan memahami strategi dan rencana pemasaran; menangkap aktivitas pemasaran global dan nilai pasar bagi pemunuhan kebutuhan konsumen termasuk menganalisis lingkungan pemasaran; membangun nilai merek yang kuat; mendesain penawaran pasar termasuk menyusun strategi produk dan strategi merek, mengelola pemasaran jasa, mendesain strategi harga, mengelola distribusi pemasaran; mengkomunikasikan nilai produk atau jasa melalu kegiatan komunikasi pemasaran terintegrasi dengan beberap media komunikasi termasuk media sosial; dan menciptakan pertumbuhan pasar dalam jangka panjang dalam menghadapi pasar global.