D3HUM_Desain Komunikasi Visual_Ganjil 2021/2022

Deskripsi Matakuliah

Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan salah satu mata kuliah (MK) yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi D3 Hubungan Masyarakat FISIP Unila yang berlangsung selama 16 minggu pertemuan. MK ini nantinya akan membekali mahasiswa dalam memahami prinsi dan teknik dasar dari berbagai jenis element komunikasi visual; baik dalam industri kehumasan, periklanan dan pemasaran komunikasi. Melalui mata kuliah ini mahasiswa juga akan diperkenalkan prinsi kerja yang perlu diperhatikan dalam membuat pesan dalam bentuk visual.

Desain komunikasi visual yang sangat erat dengan pendekantan Ilmu Komunikasi yang didasari pada landasan teori yang digunakan dengan memperhatikan khalayak, tujuan dari komunikasi dan respons yang diharapkan. Dengan begitu, mahasiswa akan mampu menempatkan dan mengimplementasikan desain komunikasi visual sesuai dengan fungsi, kegunaan, dan perannya dalam pengembangan ilmu kehumasan, serta menganalisa produk komunikasi visual dari berbagai fenomena sosial yang terjadi.

Capaian Pembelaharan:

  1. Mahasiswa mampu menerapkan prinsi dasar desain dan obyektif dari program desain,
  2. Mahasiswa mampu mencari solusi  komunikasi visual melalui program identitas, informasi dan persuasi yang sesuai tujuan penyedia kegiatan kepada khalayaknya,
  3. Mahasiswa mampu menerapkan Project Brief dan Design Brief,
  4. Mahasiswa mampu engoperasikan Perangkat Lunak Desain, dan
  5. Mahasiswa menciptakan Karya Desain 

Referensi

Berikut daftar referensi yang dapat digunakan untuk pengayaan materi Matakuliah Desain Komunikasi Visual:

  1. Anggraini, Lia dan Kiranan Nathalia, 2016, Desain Komunikasi Visual: Dasar-dasar Panduan Untuk Pemula, Bandung: Nuansa Cendikia.
  2. Barthes, Roland, 2013, Mitologi, Yogyakarta: Kreasi Wacana
  3. Berger, Arthur Asa, 2010, Pengantar Semiotika: Tanda-tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer, Yogyakarta: Tiara Wacana
  4. Sihombing, Danton, 2015, Tipografi dalam desain grafis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama