Pilihan pendaftaran

Perencanaan Pembelajaran Semester 2 PGSD A

Perkuliahan ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi untuk mengembangkan program pembelajaran di SD sebagai sintesis kemampuan yang telah dikembangkan dalam perkuliahan sebelumnya.

Perkuliahan mata kuliah ini dirancang dalam 4 (empat) scenario pembelajaran:

  1. Kegiatan perkuliahan diarahkan untuk membangun pemahaman mahasiswa mengenai desain instruksional dan konsep-konsep yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran;
  2. Kegiatan perkuliahan lebih diarahkan dalam kegiatan mendapatkan data dari lapangan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa, mengenal situasi nyata di sekolah, dengan menugaskan berkunjung dan mewawancara personalia sekolah, khususnya guru SD untuk mendapatkan program-program pembelajaran sebagai referensi sekaligus untuk dianalisis berdasarkan kajian teori dan konsep-konsep yang dipelajari dan dipahami;
  3. Latihan-latihan sebagai bentuk pengembangan dari pemahaman yang diperolehnya untuk membangun kompetensi mahasiswa, dalam membuat program pembelajaran dalam bentuk tematik atau mata pelajaran meliputi latihan terbatas menyusun program semester, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan LKPD untuk beberapa tema atau subtema sesuai dengan kurikulum yang berlaku; dan
  4. Kegiatan perkuliahan dalam bentuk simulasi program pembelajaran yang dikembangkan dalam scenario  dalam kelas, dan menganalisis keterlaksanaannya, dan tindak lanjutnya untuk perbaikan. Penilaian hasil belajar mahasiswa dalam perkuliahan ini meliputi aspek partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan, kegiatan kelas penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan, laporan analisis hasil observasi lapangan, penyusunan program semester, Silabus, dan RPP+LKPD, simulasi dalam menerapkan program pembelajaran, UTS dan UAS (laporan tertulis Program Semester, Silabus, RPP, dan LKPD.

  • Siswa terdaftar: 1
Pendaftaran mandiri (Siswa)
Akses tamu