CSL 7 merupakan pemelajaran keterampilan klinik yang dilaksanakan pada semester 7. Keterampilan meliputi beberapa keterampilan klinik dalam blok emergency, blok agromedicine dan blok elektif. Keterampilan tersebut seperti keterampilan komunikasi breaking bad news, Keterampilan prosedural Pemasangan Infus, Pemasangan endotrakeal tube (ETT), Pengeluaran Benda Asing (Corpus Alienum) Hidung & Telinga, Pemasangan Tampon Hidung Anterior dan Posterior, Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support), PembuatanVisum Et Repertum (VER) dan Surat Kematian.

Selain keterampilan diatas mahasiswa juga akan mengulang kembali keterampilan-keterampilan CSL sebelumnya namun dengan materi yang lebih kompleks dan terintegrasi (komprehensif). Materi CSL integrasi ini mencakup 12 sistem sesuai Standar Kompetensi Dokter Indonesia.

Blok Basic Science 2 (BS2) dilaksanakan pada semester 1. Blok ini dilaksanakan dalam waktu 6 minggu, terdiri atas 5 minggu aktif dan 1 minggu ujian. Materi yang akan dipelajari oleh mahasiswa dalam blok ini meliputi sistem saraf, sistem musculoskeletal, sistem endokrin, dan sistem pencernaan. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam blok ini adalah problem based-learning, dengan metode diskusi tutorial, kuliah, praktikum laboratorium, dan pleno. Masing-masing kegiatan tersebut masuk dalam komponen komponen penilaian sesuai bobot masing-masing.