Ekonometrika I

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Kuliah Ekonometrika 1 ini adalah suatu mata kuliah pengantar yang berisi prinsip-prinsip ekonometrika dan analisis data yang menyajikan suatu introduksi tentang ekonometrika dalam bentuk regresi sederhana dan regresi berganda dan serangkaian pengenalan dengan metode-metode yang dipakai untuk menganalisis data ekonomi dan bisnis dan berbagai data disiplin lainnya yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis.

Ekonometrika merupakan mata kuliah keahlian alat yang membahas berbagai model estimasi. Mata kuliah ini penting bagi mahasiswa program studi Ekonomi Pembangunan, mengingat metode kuantitatif bagi analisis ekonomi tidak kecil peranannya. Pokok bahasan mata kuliah ini meliputi pengertian dan peranan ekonometrika, analisis regresi, asumsi-asumsi klasik,  pengujian hipotesis, pemilihan variabel dan bentuk fungsional, pengujian asumsi-asumsi klasik dan pengenalan topik-topik lanjutan dari ekonometri.

Standar Kompetensi

Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan metode ekonometrik dalam menguji teori dan penelitian ekonomi serta dapat menganalisis hasilnya baik secara ekonometrik maupun ekonomi.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan kuliah ini adalah untuk membekali pemahaman dasar mahasiswa atas teori-teori ekonometrika dan pengaplikasian teknik-teknik ekonometrika untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi empirik.  Untuk mencapai tujuan tersebut kuliah ini ditekankan pada pembahasan tentang model linier klasik, estimasi kuadrat-terkecil, uji hipotesis, dan pemodelan ekonomi. Model-model ekonometrika kemudian diadopsi untuk menganalisis masalah-masalah praktis dan melakukan peramalan.  Lebih lanjut, dalam kuliah ini mahasiswa dilatih untuk menggunakan perangkat lunak statistik EViews versi 9 dan STATA versi 14.