Endokrin, Metabolik dan Nutrisi

Blok Endokrin, Metabolik dan Nutrisi adalah salah satu blok dalam kurikulum pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Tujuan blok ini secara umum menghasilkan mahasiswa dengan ilmu dan keahlian untuk menjelaskan patobiologi dan melakukann penatalaksanaan kelainan endokrin, metabolism dan  nutrisi serta mampu menjelaskan epidemiologi kelainan  tersebut kepada pasien.

Blok ini dilaksanakan pada tahun ke-2 semester 3 dengan waktu pelaksanaan 6 minggu yang terdiri dari 5 minggu aktif dan 1 minggu terakhir diisi dengan ujian, meliputi ujian praktikum dan ujian akhir blok (UAB).

Blok ini akan dipelajari dengan menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan memenuhi standar kompetensi dokter Indonesia dengan metode diskusi tutorial menggunakan metode seven jump, kuliah, praktikum, belajar mandiri dan keterampilan klinik (skills laboratory).

Dalam mempelajari blok ini terlihat beberapa bidang ilmu yang terkait yakni anatomi, histologi, biokimia, fisiologi, patologi klinik, patologi anatomi, farmakologi, ilmu penyakit dalam, ilmu kesehatan anak, ilmu gizi, ilmu kedokteran komunitas dan Epidemiologi.

Blok ini adalah aplikasi dari Blok 2 (MBS 1) mengenai biologi sel, Blok 3 (BS 2) mengenai histologi, biokimia, fisiologi, anatomi, Blok 5 (MBS 2) mengenai Patologi Klinik, Patologi Anatomi, dan Farmakologi. Blok ini juga menyediakan informasi yang diperlukan untuk blok berikutnya.

Pada blok ini pembelajaran dilakukan dengan tutorial, kuliah, dan praktikum. Tutorial dilaksanakan dalam kelas kecil terdiri dari 8-9 mahasiswa, terdapat 4 skenario selama 4 minggu.  Setiap skenario terdiri dari 2 kali pertemuan. Skenario adalah kasus yang banyak terjadi dalam praktek umum atau d rumah sakit. Sementara itu, kuliah dilaksanakan dalam kelas besar. Pemberi kuliah adalah dosen ahli atau pakar. Kuliah yang diberikan akan disesuaikan dengan modul masing-masing tiap minggunya. Praktikum merupakan penunjang teori-teori yang didapat mahasiswa. Topik praktikum menyesuaikan dengan tema pembelajaran yang diberikan.