PPKN adalah mata kuliah wajib Universitas, berbobot 2 SKS

Mata KuliahPPKN mengajarkan dan mendidik mahasiswa agar memahami jati dirinya sebagai anak bangsa dan menanamkan kesadaran tentang cinta tanah air. Selain itu, mata kuliah ini mengajarkan tentang sejarah kebangsaan Indonesia sehingga menimbulkan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia. Mata kuliah ini juga memberikan selayang pandang tentang sisten kenegaraan Indonesia dan pemerintahannya, termasuk hukum yang berlaku di Indonesia.

Mata Kuliah Logika mempelajari tentang kaidah berpikir benar.

Beban Mata Kuliah Logika adalah 3 SKS dan merupakan Mata Kuliah Wajib Fakultas.Logika adalah kegiatan berpikir 

Hukum Acara dan Praktik Peradilan Perdata dan Agama merupakan mata kuliah wajib fakultas yang berstatus sebagai mata kuliah utama (major), oleh karena itu semua mahasiswa Program Sarjana (S1) Fakultas Hukum Unila wajib mengikuti mata kuliah ini.

Hukum Acara Peradilan Perdata dan Agama memberikan bekal pengetahuan mahasiswa agar dapat memahami ketentuan perundang-undangan Hukum Acara Peradilan Perdata dan Agama di dalam dan di luar pengadilan, menganalisis serta dapat memecahkan masalah hukum keperdataan dan menangani perkara-perkara Perdata.

Setelah mengikuti perkuliahan Hukum Acara Peradilan Perdata dan Agama ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami ketentuan perundang-undangan Hukum Acara Peradilan Perdata dan Agama di dalam dan di luar pengadilan, memperoleh pengetahuan awal untuk mengikuti kuliah hukum perdata tahap berikutnya dan menangani perkara-perkara perdata, menganalisis berdasarkan ketentuan perundang-undangan hukum acara perdata dan agama dan dapat memecahkan masalah-masalah hukum keperdataan serta perkara-perkara perdata.